Ketua DPR Aceh, H. Dahlan Jamaluddin, S.IP memimpin rapat Internal Satuan Tugas Pengawasan, Pencegahan dan Penanganan Corona Disease 2019 (Covid-19) DPR Aceh bersama Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin, S.Sos, M.S.P, bertempat di Ruang Rapat Badan Anggaran DPR Aceh, Kamis (30/4). Sejumlah 13 orang Anggota Satgas Covid-19 DPR Aceh juga hadir dengan memberikan masukan dan pendapat mengenai pengawasan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh.

Dalam rapat ini sangat memperhatikan protokol Covid-19 yang difasilitasi oleh dokter dan perawat Klinik Asy-Syifa Sekretariat DPR Aceh dengan memeriksa suhu tubuh setiap peserta rapat, mewajibkan penggunaan masker, menyediakan hand sanitizer dan tentunya mengatur jarak duduk minimal 1 meter.

Rapat berlangsung pada pukul 14:30 dan berakhir pada pukul  16.30 dengan menghasilkan beberpa kesimpulan penting yaitu:

1.      DPR Aceh akan menyurati Pemerintah Aceh (Tim Anggaran Pemerintah Aceh) terkait relokasi dan refocusing Anggaran Tahun 2020 terkait penanganan Covid-19.

2.      Melakukan kunjungan ke wilayah perbatasan, pintu masuk Aceh (Darat, Laut, Udara) dan rumah sakit rujukan untuk memastikan penanganan kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di lapangan.

3.      DPR Aceh akan mengunjungi Balitbangkes Aceh dan Tim Laboratorium Universitas Syiah Kuala.

4.      Tim Satgas Covid-19 DPR Aceh akan melakukan rapat dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh dan SKPA yang telah menggunakan Biaya Tidak Terduga (BTT) dalam APBA Tahun 2020.

Selain itu, masukan atau saran dari anggota Satgas Covid-19 DPR Aceh juga akan dijadikan acuan dalam melakukan pengawasan di lapangan sehingga akan memaksimalkan pengawasan, tegas Pimpinan Rapat.