PARIPURNA ISTIMEWA DPRA

Kategori : PEMERINTAH ACEH Rabu, 05 Juli 2017

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa dengan Agenda Pengambilan Sumpah & Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh untuk Masa Jabatan Tahun 2017-2022. Rapat Paripurna Istimewa ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 5 juli 2017, pukul 09.00 WIB di Gedung Utama DPRA.

Gubernur Aceh, Dr. H. Zaini Abdullah dan Wakil Gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf dengan Masa Jabatan 2012-2017 telah berakhir pada tanggal 25 Juni 2017. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 51/P Tahun 2017 Tanggal 08 Mei 2017, Drh. H. Irwandi Yusuf, M.Sc dan Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. telah diangkat dalam jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh untuk Masa Jabatan 2017-2022.

Bahwa sesuai dengan pasal 69 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh, Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih dilantik oleh Menteri Dalam Negeri R.I  atas nama Presiden Republik Indonesia dihadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam Rapat Paripurna DPRA. Dalam hal ini Aceh diberikan Kewenangan Khusus dengan tidak bermaksud menyampingkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota dilantik oleh Presiden R.I di Ibukota negara dengan Tata Cara Pelantikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2016.

"Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini 7 Juli 2017 Saya Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik Drh. H. Irwandi Yusuf, M.Sc sebagai Gubernur Aceh dan Ir. H. Nova Iriansyah, M.T sebagai Wakil Gubernur Aceh Periode 2017-2022" ujar Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, SH. 

Sesuai dengan harapan masyarakat Aceh, agenda Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih di Gedung Utama DPRA, sungguh-sungguh dihadiri Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum” kepada Masyarakat Aceh yang berada di halaman Gedung DPRA, Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo berjalan beriringan dengan Wakil Ketua I DPRA, Drs. H. Sulaiman Abda, M.Si dan Wakil Ketua III, H. Dalimi, SE. Ak beserta Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM dari pintu pagar sampai kedalam Gedung Utama DPRA untuk mengucapkan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang telah dilantik Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, SH. di Gedung Utama DPRA. 

Di antara yang hadir adalah Ketua MPR R.I, Zulkifli Hasan beserta beberapa Anggota DPR R.I, Menteri Agraria dan Pertanahan RI, Ketua BNN Budi Waseso, Duta Besar Negara Sahabat, seluruh Anggota DPRA, dan DPRKabupaten/Kota Se-Aceh, Yang Mulia Wali Nanggroe, Abu Kuta Krueng dan juga Waled Nurzahri serta para Mantan Gubernur Aceh. Tokoh perdamaian Aceh, Juha Cristensen turut hadir.

Ketua DPR Aceh, Tgk. H. Muharudddin, S.SosI menyebutkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang baru dilantik merupakan dua sosok yang berbeda. Di mana, Drh. H. Irwandi Yusuf, M.Sc merupakan salah satu bagian penting dari tokoh perjuangan dan perdamaian Aceh. Sementara Ir. H. Nova Iriansyah, M.T adalah adalah generasi akademisi yang juga politisi nasional hingga ke DPR R.I.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Drh. H. Irwandi Yusuf, M.Sc pernah menjabat sebagai Gubernur Provinsi Aceh (att.:Naggroe Aceh Darussalam) dengan Masa Jabatan 8 Februari 2007 – 8 Februari 2012. Dan Ir. H. Nova Iriansyah, M.T. adalah Anggota DPR RI  2009-2014 dari Partai Demokrat, dan saat ini beliau ditugaskan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Aceh.

Kepada seluruh masyarakat, Ketua DPRA, Tgk. H. Muharudddin, S.SosI mengajak untuk secara bersama mendukung pemerintahan yang baru. DPRA akan senantiasa mengawal jalannya pemerintahan sehingga semuanya berjalan sebagaimana Visi - Misi dan Program Kerja yang telah disuarakan Drh. H. Irwandi Yusuf, M.Sc dan Ir. H. Nova Iriansyah, M.T di masa kampanye.

"Lupakan perbedaan di masa kampanye. Tidak ada gubernur kelompok ini dan itu, yang ada hanya Gubernur Aceh. Mereka adalah pasangan Gubernur milik kita bersama," pesan Ketua DPRA, Tgk. H. Muharudddin, S.SosI kepada seluruh Masyarakat Aceh.

(*/*)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32